Tips Merawat Rambut Bagi Wanita Berjilbab

Tips Merawat Rambut Bagi Wanita Berjilbab

Menjadi muslimah berjilbab, tak harus membuat penampilan menjadi kurang terawat. Salah satunya adalah perawatan rambut, dimana muslimah yang sehari-hari mengenakan jilbab tentunya rambut memerlukan perawatan tertentu. Berikut kami sajikan tips merawat rambut bagi wanita berjilbab.

Sebelum anda mengenakan jilbab, pastikan anda mengenali terlebih dahulu kondisi rambut anda.  Rambut yang lembap & berminyak merupakan favorit tumbuhnya jamur penyebab ketombe. Jika anda memakai conditioner, ada baiknya conditioner dipakai hanya di daerah ujung rambut, sebab menggunakan conditioner dari akar rambut akan membuat rambut semakin lembap dan mengundang ketombe.  Karena itulah, biasakan mengenakan jilbab dalam keadaan rambut kering.

Masalah yang sering dihadapi oleh wanita dengan jenis rambut kering adalah kerontokan. Ketika rambut kering dipakaikan jilbab, seringkali yang dialami adalah rambut bergesekan dengan kain jilbab, sehingga rambut bisa rontok. Triknya, gunakan shampo untuk rambut kering, ditambaha conditioner, serta creambath yang teratur untuk membantu mengatasi rambut kering yang rapuh. Selain itu, pakailah jilbab dengan bahan yang halus agar tidak terlalu keras menggesek rambut.

Tips lainnya adalah tentang cara memakai jilbab. Agar rambut tidak mudah rusak, usahakan agar jilbab tidak terlalu ketat dipakainya. Sebab, kulit kepala jadi sulit bernapas. Selain itu, gunakan juga ciput atau lapisan dalam jilbab yang lembut dan tidak menekan kulit kepala.

Warna jilbab juga mempengaruhi kesehatan rambut lho. Warna jilbab hitam jika dipakai di terik siang akan membuat penyerapan panas lebih kuat, sehingga memicu produksi keringat di kulit kepala, akibatnya rambut jadi lembab dan berjamur.

Frekuensi pemakaian jilbab. Ketika di rumah, usahakan tidak mengenakan jilbab (kecuali ada kewajiban mengenakannya dikarenakan ada orang lain yang bukan muhrimnya di rumah tersebut).

Untuk membuat rambut sehat dari dalam, jangan lupa konsumsi makanan yang mengandung zat besi, Vitamin B, vitamin B-6, B-12, asam lemak omega-3, zinc, protein, dan vitamin C. Jenis Makanan seperti ikan salmon, kacang-kacangan, tiram, sayur bayam serta pisang bisa membantu menambah nutrisi rambut secara alami.

 

Demikian tips merawat rambut bagi wanita berjilbab. Terima Kasih.

One thought on “Tips Merawat Rambut Bagi Wanita Berjilbab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *