Lainnya

Tips Merawat Baju Muslim Berbahan Chifon dan Ceruti

0 comment(s)
by Web Admin Ranti

Saat ini banyak beredar dipasaran baju – baju muslim berbahan dasar chifon dan ceruti, bahan chifon dan ceruti memang banyak digunakan para produsen pembuat busana muslimah karena chifon memiliki serat yang halus, ringan, dan jika dikenakan, bahannya akan berkesan jatuh atau ada flow yang mempercantik tampilan. Tidak berbeda jauh dengan chifon, bahan kain ceruti memiliki permukaan yang menyerupai kulit jeruk dan terdapat bintik-bintik kecil namun halus, bahannya lebih lembut dan sedikit elastis, masanya agak berat, jika dipakai bahan terasa jatuh, sehingga tidak enteng/melayang.

Sama seperti jenis pakaian lainnya, untuk merawat baju berbahan chifon dan ceruti ternyata dibutuhkan tekhnik dan perlakuan khusus agar baju tahan lama dan tidak mudah rusak, lalu apa saja yang perlu dilakukan untuk merawat baju muslim berbahan chifon dan ceruti ? simak ulasan singkat berikut untuk tahu tips merawat baju muslim berbahan chifon dan ceruti.

Tips Merawat Baju Muslim Untuk mencuci sebaiknya hindari pencucian menggunakan mesin cuci sebab proses pencucian dengan mesin cuci biasanya lebih berat dan dikhawatirkan dapat merusak serat dari bahan kain chifon dan ceruti, selain itu jangan lupa untuk pisahkan pakaian berbahan ceruti dengan jenis pakaian lain yang berpotensi luntur, hal ini  harus dilakukan sebab bahan chifon dan ceruti adalah bahan yang mudah meyerap warna.

Jika terdapat noda membandel seperti darah, minyak atau bahan lainnya usahakan tidak terlalu lama menunda proses pencucian, cuci pakaian berbahan chifon dan ceruti dengan detergen cair khusus untuk pakaian berbahan halus, rendam selama 30 menit dengan air bersuhu normal lalu kucek perlahan bagian yang terkena noda, setelah itu bilah pakaian dan peras perlahan agar volume air yang ada dalam pakaian tidak terlalu banyak.

Proses penjemuran pakaian dengan bahan chifon dan ceruti cukup diangin-anginkan saja hingga kering dengan sendirinya dan hindari penjemuran dibawah terik matahari langsung, hal ini dilakukan agar bahan tidak mudah rusak. Selanjutnya saat menyetrika disarankan untuk memakai suhu yang tidak terlalu panas dan bila perlu lapisi bagian permukaan pakaian dengan sehelai Koran atau kain lain agar panas yang ditimbulkan dari setrika tidak bersentuhan langsung dengan pakaian, agar tidak mudah lecek bila memungkinkan simpan pakaian yang sudah disetrika dengan posisi digantung menggunakan hanger, karena biasanya pakaian berbahan chifon dan ceruti akan tampak lebih manis bila dikenakan tanpa ada garis bekas lipatan.

Semoga bermanfaat.

×

Produk telah berhasil ditambahkan ke tas belanja Anda.

×

Produk telah berhasil dihapus. Batalkan