Tips Menjalankan Bisnis Sampingan Bagi Wanita yang sedang berkarir

Memiliki bisnis sampingan tentunya adalah hal yang banyak diinginkan oleh semua orang, terutama bagi wanita yang berkarir, hal ini terkait dengan keinginan mereka untuk kedepannya memiliki pekerjaan yang bisa mereka handle langsung dari rumah, tanpa harus memikirkan jam kantor, kemacetan, dan hal lainnya yang dapat memicu stress bagi wanita yang berkarir diluar rumah.

Hal lain yang menjadi alasan untuk memiliki bisnis sampingan diantaranya adalah gaji yang kurang memuaskan serta tidak sesuai dengan tuntutan pekerjaan, selain itu minat dan bakat yang tidak sesuai dengan kriteria pekerjaanpun menjadi salah satu alasan mengapa wanita karir membutuhkan bisnis sampingan.

Jenis peluang usaha sampingan yang dapat dijalankan tentunya banyak sekali, namun sebagai karyawan yang masih memiliki tanggung jawab dikantor anda harus tetap professional dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab Anda, maka dari itu sangat dianjurkan agar Anda memilih peluang usaha yang tepat, agar nilai antara karir dikantor dan usaha sampingan Anda berjalan seimbang sesuai dengan target. Berikut ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk memilih dan memulai sebuah peluang bisnis sampingan, diantaranya adalah :

  1. Modal

Modal adalah hal utama yang harus dipertimbangkan untuk memulai sebuah bisnis atau usaha sampingan. Ada baiknya sumber modal yang kita miliki adalah dari uang pribadi yang kita punya, bukan hasil pinjaman atau hutang, karena bila modal awal dari sebuah usaha adalah berhutang dikhawatirkan akan menambah beban anda sendiri kedepannya. Sebaiknya untuk Anda yang belum berpengalaman pilihlah sebuah bisnis dengan modal kecil namun memiliki nilai prospek bisnis yang baik bagi Anda di masa yang akan datang. Dalam hal ini contoh peluang usaha yang anda bisa mulai adalah dengan berbisnis accessories busana muslim seperti : Hijab, Brooch dll. Bisnis kosmetik dsb.

  1. Prospek dari Usaha yang Berjalan

Sebaiknya kenali bisnis yang akan dipilih dengan baik bukan sekedar ikut-ikutan atau mengikuti trend yang sifatnya hanya sementara. Perhatikan prospek dari usaha yang akan Anda jalani karena ini akan menentukan nilai dari keuntungan yang Anda dapat dikemudian hari

  1. Waktu
    Anda harus pandai membagi waktu dengan seimbang antara usaha sampingan yang dijalankan dan karir yang masih Anda jalani saat ini. Keduanya sama pentingnya untuk mendapat perhatian Anda. Oleh karena itu sebisa mungkin pilihlah jenis usaha sampingan yang tidak terlalu menyita banyak waktu Anda.
  2. Rekrut Karyawan
    Jika bisnis yang Anda jalani mulai membuat Anda kewalahan dalam mengaturnya, merekrut karyawan bisa menjadi solusi untuk bisnis Anda, namun tetap ingat untuk melakukan estimasi biaya, jangan sampai Anda mengalami rugi dan pastikan Anda memilih karyawan yang kompeten dalam bidang usaha Anda, bertanggung jawab dan pastinya dapat dipercaya. Bila memungkinkan pilihlah karyawan dari lingkungan yang sudah anda kenal sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *