Tips Kesehatan Rambut Wanita Berhijab

Rambut adalah mahkota wanita yang perlu dijaga keindahan dan kesehatannya, tidak hanya itu untuk wanita muslimah yang berhijab, rambut adalah salah satu aurat yang harus tertutup karena hijab adalah kewajiban dari tiap kaum muslimah yang sudah baligh, selain itu tidak sembarangan orang dapat melihat mahkota wanita yang satu ini. Merawat rambut yang biasa tertutup tentunya memiliki perbedaan dengan rambut yang biasa tidak tertutup, namun yang perlu diketahui adalah pemakaian hijab justru mempermudah perawatan rambut, karena wanita yang berhijab tidak perlu susah payah mengikuti trend gaya rambut modern yang memakan banyak biaya untuk perawatannya.

 

Berikut adalah beberapa tips untuk merawat rambut berhijab :

 

1. Sebaiknya hindari penggunaan hijab diwaktu rambut masih basah, baik itu sehabis keramas maupun terkena basahan air mandi, hal ini dikarenakan jika rambut yang masih basah atau lembab tertutup maka akan menimbulkan ketombe dan bau yang kurang sedap

 

2. Pemilihan bahan hijab dapat mempengaruhi kesehatan rambut, sebaiknya pilih hijab yang berbahan lembut, ringan dan mudah menyerap keringat, karena rambut yang berhijab mudah berkeringat bila ada ditempat yang suhunya lumayan panas, hijab dengan bahan kaos dan katun dapat menjadi pilihan para pengguna hijab

 

3. Usahakan bila berada dirumah biarkan rambut tergerai agar rambut mudah bernafas dan mendapatkan asupan oksigen yang cukup, bila memakai hijab untuk anda yang berambut cukup panjang jangan mengikatnya terlalu kencang, karena ini bisa mengakibatkan kepala menjadi mudah sakit dan pusing, selain itu juga dapat membuat rambut bercabang

 

4. Mencuci rambut / keramas dengan teratur, minimalnya keramas sebanyak 2 hari sekali agar kotoran yang ada dirambut dapat hilang, rambut menjadi bersih, terhindar dari ketombe dan kutu, untuk perawatan lebih lanjut bisa juga menggunakan conditioner dan vitamin rambut agar rambut lebih lembut dan mendapat nutrisi yang cukup

 

5. Pemilihan sisir yang sesuai dengan jenis rambut, untuk rambut yang tebal sebaiknya hindari sisir yang bergigi rapat, gunakan sisir dengan gigi yang agak jarang agar rambut tidak patah dan rontok, bila rambut tipis dan lurus bisa menggunakan sisir bergigi rapat agar rambut mudah diatur.

 

6. Menjaga asupan makanan, asupan makanan berpengaruh pada kesehatan rambut hindari makanan yang banyak mengandung minyak karena selain dapat menyebabkan kolestelor makanan berminyak dapat memicu rambut jadi berminyak, lepek, dan gatal. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B-6, B-12, vitamin C dan E dapat membantu dalam menutrisi rambut.

 

7. Hindari perawatan rambut dengan bahan kimia yang berbahaya, dalam pemilihan shampo, conditioner dan vitamin sebaiknya perhatikan lagi kandungan bahan-bahannya, biasanya bahan yang alami akan lebih aman untuk rambut

Sekian beberapa tips untuk menjaga kesehatan rambut yang berhijab, bila merawat rambut berhijab lebih mudah daripada perawatan yang tidak berhijab untuk apa berfikir lagi menutupi kecantikan kita yang satu ini, yakinlah bahwa apa-apa yang menjadi perintah Allah tidak pernah menyulitkan ataupun merugikan, perintah Allah pastinya selalu bertujuan baik untuk umat-Nya.

 

Artikel 2

 

1. Pilihlah jilbab yang berbahan katun atau kaus, karena pori-porinya bisa melancarkan sirkulasi udara. Kenakan model jilbab yang praktis. Model jilbab tumpuk membuat kulit kepala berkeringat dan memicu ketombe.

2. Saat menggunakan jilbab, rambut harus benar-benar kering. Rambut yang basah atau lembap dapat memicu timbulnya ketombe dan bau tak sedap.

3. Pilih jilbab dengan warna lembut, karena dapat memberi efek sejuk ke kulit kepala sehingga folikel rambut tidak terhambat dalam pertumbuhan rambut.

4. Jaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Keramas teratur minimal dua-tiga kali seminggu dan pilih produk rambut -sampo, conditioner, masker, serum- yang sesuai dengan jenis rambut serta kebutuhan Anda.

5. Selalu sisir dan rapikan rambut sebelum dan sesudah mengenakan jilbab. Gunakan sisir plastik bergigi jarang untuk mengurangi kerontokan. Hindari menyisir dari garis belahan rambut karena awal kerontokan bisa bermula dari garis belahan rambut.

6. Perhatikan cara mengikat rambut. Jika rambut Anda panjang, gelung atau ikat dalam kondisi renggang dan pilih ikat rambut yang lembut. Hindari jepitan besi atau karet gelang karena bisa menyebabkan kerusakan rambut akibat pergesekan dengan bahan tersebut. Mengikatnya terlalu kuat juga bisa menimbulkan rasa pusing di kepala.

7. Penuhi nutrisi rambut dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan protein dan vitamin B6, B12, dan C, serta vitamin pendukung rambut lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *