Tips Berpakaian Bagi Hijabers Saat Wawancara Kerja

Wawancara kerja merupakan salah satu bagian penting dalam tahap seleksi pencarian calon pekerja, dalam tahap ini hal yang pastinya tidak luput adalah soal penampilan.Perlu Anda ketahui bahwa pada dasarnya  yang menjadi modal utama dalam meniti karir untuk sebuah pekerjaan adalah kemampuan atau skill yang Anda miliki dan keinginan untuk terus mengembangkan keahlian tersebut. Akan tetapi, tak bisa dipungkiri bahwa penampilan juga menjadi hal penting yang perlu diperhatikan ketika Anda akan melaksanakan wawancara atau interview kerja.

Berhijab bukanlah penghalang akan terbatasnya sesorang dalam mencari pekerjaan, justru dengan demikian Anda harus dapat menunjukan bahwa penggunaan hijab tidaklah mengurangi kualitas dari cara Anda bekerja. Oleh karena itu ada beberapa hal yang patut diperhatikan para hijabers saat memilih pakaian yang akan dikenakan saat wawancara, diantaranya adalah :

  • Pilih pakaian formal. Di dalam lingkungan kerja menggunakan pakaian yang formal sudah menjadi kewajiban yang paling umum dan perlu dilaksanakan. Jenis pakaian formal yang perlu Anda gunakan ketika akan wawancara kerja antara lain kemeja formal, blazer dan bisa juga pantsuit. Pakaian formal tersebut perlu dipadukan dengan jenis hijab yang formal supaya memberikan kesan bahwa Anda telah siap melaksanakan wawancara dan bekerja secara formal di tempat Anda melamar.
  • Warna pakaian yang tidak menyolok. Jika Anda ingin menggunakan pakaian dengan warna cerah sebaiknya tidak secara keseluruhan. Anda dapat mengenakan warna cerah pada atasan dengan mengkombinasikan warna gelap pada bawahan Anda. Atau menggunakan warna cerah hanya pada aksesoris, misalnya warna cerah pada tas atau aksesoris kecil lainnya.
  • Ketika Anda akan mengikuti wawancara kerja, hindarilah keinginan untuk membuat hijab dengan model baru yang macam-macam rupa. Selain akan memakan waktu dan mengganggu konsentrasi, hal tersebut juga akan terlihat rumit dan memberi kesan yang kurang baik. Jadi sangat disarankan bagi Anda untuk memilih dan menggunakan jenis hijab yang simpel namun tetap formal dan sopan. Hal ini akan terasa menguntungkan bagi Anda karena tidak menyita waktu dan membuat Anda lebih percaya diri dengan hijab dengan model kantoran sederhana yang dikenakan.
  • Pastikan pakaian yang digunakan nyaman, tidak membuat Anda risih, kurang percaya diri dll. Penampilan dan pakaian yang Anda gunakan menjadi hal utama yang terlihat untuk menilai tingkat kesopanan Anda dalam bekerja. Untuk situasi seperti ini, memilih pakaian yang sopan dan baik bukan hanya diperlukan oleh wanita berhijab, tetapi semua orang yang akan berwawancara wajib menggunakan pakaian yang sopan, tidak ketat dan lainnya. Pakaian yang sopan akan membentuk image positif bagi siapa saja yang melihat, termasuk pihak perusahaan yang mewawancara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *