Tahukah Anda Kandungan Nutrisi Menakjubkan Dari Tempe ??

Siapa yang tidak kenal dengan tempe, panganan yang sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia ini ternyata memiliki banyak sekali nutrisi yang menakjubkan. Seiring perkembangan zaman olahan tempe semakin beragam tidak hanya dijadikan pelengkap gizi dari makanan pokok, kini tempe hadir sebagai snack camilan makanan ringan. Namun adakah yang tahu kandungan nutrisi menakjubkan dari tempe??
Tempe dibuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dengan jamur Rhizopus oligosporus, jika diteliti satu per satu, tempe memiliki banyak segudang manfaat, tempe baik untuk pencernaan. Kandungan Rhizopus yang memproduksi antibiotik dapat membantu penyembuhan diare dan meningkatkan berat badan bayi setelah diare. Karenanya, bubur tempe digalakkan sebagai makanan pendamping ASI.

Antioksidan dalam bentuk isoflavon banyak dijumpai. Daidzein, glisitein, dan genistein adalah tiga jenis isoflavon yang terkandung. Mereka muncul saat proses fermentasi kedelai menjadi tempe. Kandungan genistein tinggi ini dipercaya dapat memperlambat pertumbuhan tumor dan mencegah kanker.

Tempe juga memiliki efek menurunkan kadar kolesterol, menjaga kadar gula darah tetap stabil, dan mencegah penuaan dini. Kandungan protein yang tinggi dalam tempe dapat menggantikan protein hewani. Vitamin B12 pencegah anemia yang banyak terkandung pada produk hewani, juga terdapat dalam tempe. Tempe menjadi satu-satunya produk nabati potensial sebagai sumber vitamin B12. Inilah yang membuatnya populer di kalangan penganut vegetarian, selain rasanya yang lezat. Tentunya, semua dengan catatan harus diolah secara benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *