Artikel

Sarimbit Couple dan Cara Merawatnya

0 comment(s)
by Web Admin Ranti

Siapapun orangnya pasti ingin tampil terbaik saat menghadiri acara tertentu. Beberapa orang sibuk mempersiapkan busana yang cocok untuk terlihat lebih menawan saat acara berlangsung. Apalagi ketika kita menghadiri acara bersama pasangan kita.

Untuk terlihat kompak, biasanya kita memilih pakaian dengan warna senada. Namun, saat ini Anda tidak perlu repot-repot menyesuaikan warna baju dengan pasangan Anda. Belakangan, beberapa rumah produksi batik mengeluarkan model sarimbit couple yang cocok menjadi opsi berbusana Anda dan pasangan.

Kata sarimbit berasal dari bahasa Jawa yang artinya pasangan atau berpasangan. Sarimbit couple memadukan kesamaan warna, motif, dan model.  Batik sarimbit sendiri ada beberapa jenisnya, antara lain sarimbit modern, sarimbit muslim, dan sarimbit keluarga. Hal yang membedakan diantara ketiga jenis itu terletak pada modelnya.

1.Sarimbit modern didesain dengan motif kekinian dan biasanya dijahit untuk model dress, bolero, kebaya, dan lainnya.

2.Sarimbit muslim modelnya dibuat syari, seperti gamis untuk perempuan, dan koko atau hem untuk laki-laki.

3.Sarimbit keluarga berupa batik sarimbit berpasangan untuk bapak, ibu, dan anak.

Sarimbit Busana Muslim

Setelah mengetahui beberapa jenis sarimbit, yang perlu diketahui selanjutnya adalah bagaimana cara merawat sarimbit couple agar tetap awet. Sebab, bila tidak dirawat dengan baik, kain sarimbit dapat mudah luntur atau bahkan rusak.  Untuk menghindari hal itu, baiknya kita mengikuti beberapa langkah perawatan di bawah ini:

1. Gunakan sabun lerak untuk mencuci kain sarimbit. Sabun lerak adalah sabun khusus untuk batik. Anda juga bisa merendamnya dengan air bercampur garam sebelum dicuci.

2. Pisahkan sarimbit dengan baju lainnya saat dicuci.

3. Untuk mendapatkan hasil terbaik, sebaiknya sarimbit tidak dicuci dengan mesin cuci.

4. Kucek hanya pada bagian noda dengan perlahan.

5. Bilas dan remas dengan perlahan agar tidak merusak serat kain.

6. Jemur sarimbit di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung supaya warna tidak mudah pudar.

7. Terakhir, setrika dengan kadar panas normal.

Itu tadi beberapa jenis dan cara merawat sarimbit berpasangan atau couple. Sarimbit dapat dijadikan opsi terbaik Anda dan pasangan untuk menghadiri acara. Selain membuat tampilan Anda dan pasangan menjadi semakin elegan, dengan menggunakan sarimbit, Anda juga berarti mendukung kelestarian batik Indonesia.

×

Produk telah berhasil ditambahkan ke tas belanja Anda.

×

Produk telah berhasil dihapus. Batalkan