Pertajam daya ingat dengan 8 tips berikut

Lupa adalah suatu kondisi dimana suatu informasi yang telah disimpan dalam memori otak jangka panjang hilang (Long term Memory). Salah satu sifat manusia yang sering dialami dalam kehidupan sehari hari ini tentunya akan membawa kerugian tertentu bagi yang mengalaminya. Apakah Anda sering lupa saat menyimpan sesuatu? Atau melupakan hal penting lain yang harus dilakukan? Kondisi ini mungkin akan semakin bertambah buruk seiring dengan bertambahnya usia seseorang, faktor menurunnya daya ingat memang salah satunya dipengaruhi oleh usia. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk kembali mempertajam daya ingat. Berikut ini adalah 8 tips untuk mempertajam daya ingat yang dapat Anda ikuti

  1. Air Putih
    Fakta menunjukkan bahwa seluruh fungsi organ tubuh akan berjalan dengan baik ketika mendapat asupan air yang cukup. Tak terkecuali fungsi otak.
  2. Makanan
    Tahukah Anda, bukan hanya minyak ikan yang dapat mempertajam daya ingat, tetapi juga bahan makanan berwarna merah dan ungu dan bahan makanan kaya asam folat seperti brokoli, pisang, dan kacang polong juga bermanfaat menjaga kesehatan otak.
  3. Senam Otak
    Otak semacam otot yang perlu dilatih secara berkala. Caranya, Anda dapat membuat tantangan atau tebak-tebakkan untuk diri sendiri yang dapat mengasah ingatan.
  4. Permainan Asah Otak
    Kebiasaan mengisi teka-teki silang (TTS) yang tersedia di koran atau memainkan Sudoku ternyata bermanfaat positif untuk meningkatkan daya ingat seseorang.
  5. Bertamasya ke Masa Lalu
    Melihat kembali hal-hal di masa lalu secara tidak langsung melatih ingatan jangka panjang.
  6. Santai
    Tekanan atau stres membuat kerja otak melemah dan sulit berkonsentrasi.
    Dalam kondisi demikian, istirahatlah sejenak sambil melakukan aktivitas santai seperti mendengarkan musik, membaca buku, atau bermain game online untuk memulihkan kerja otak.
  7. Tidur Cukup
    Tidur dibutuhkan agar sel tubuh beristirahat dan beregenerasi. Termasuk sel otak.
    Oleh sebab itu, usahakan bangun kerja sama fisik dan mental yang baik agar tercipta pola tidur sehat dan berkualitas.
  8. Olahraga
    Lakukan latihan fisik yang merangsang perbaikan sirkulasi darah seperti jogging dan aerobik. Sirkulasi darah yang lancar akan meningkatkan produksi oksigen ke otak yang sangat bermanfaat untuk mempertajam kemampuan berpikir.

Semoga bermanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *