Mudahkah Menjadi Teladan yang Baik Bagi Anak ??

Seorang anak yang baru dilahirkan ibarat kaset kosong yang belum ada isinya. Orang yang pertama kali membuat rekaman dalam kaset tersebut tentunya adalah orang tua si anak. Bagus tidaknya isi rekaman yang dihasilkan tergantung bagaimana cara si orang tua merekam isi kaset tsb. Apakah kaset tersebut mau diisi rekaman tanpa makna atau rekaman indah bermakna menarik dan tak mudah terhapus.

Teladan di masa anak anak tidak hanya berguna saat itu saja tetapi juga bermanfaat kelak saat si anak mencapai umur dewasa. Anak – anak biasanya sangat mudah meniru apa yang menjadi idola, kesukaan atau teladan mereka. Contoh ringannya seorang anak perempuan cenderung sangat ingin menjadi cantik seperti tokoh kartun princes yang pernah mereka lihat sebelumnya, atau anak laki laki ingin menjadi hebat dan kuat seperti Batman Naruto Supermen atau tokoh super hero yang lainnya. Mereka cenderung akan banyak meniru prilaku dari idola mereka. Oleh sebab itu, jika orang tua mampu menanamkan perilaku yang baik saat masa anak anak maka hal tersebut jauh lebih mudah bila dibandingkan hal yang sama dilakukan saat mereka sudah remaja atau dewasa.

Menjadi teladan yang baik bagi anak tentunya tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Tetapi bila perilaku positif sudah menjadi hal biasa dilakukan dalam kehidupan keseharian maka teladan dapat diberikan bahkan tanpa perlu bersusah payah.

Orang tua dapat memberi contoh kepada anak bagaimana berperilaku yang baik seperti tidak suka berbohong, bersifat adil, mencintai sesama, tekun belajar, berdisiplin dan lain lain, bahkan bila kita dapat menjalin kedekatan yang sangat baik dengan anak kita bukan mustahil mereka menjadikan kita sebagai idola dalam hidupnya, misalnya bila orang tua sudah terbiasa mengenakan hijab, berpakaian muslimah, rajin membaca Al-Quran, dan memiliki kebiasaan baik lainnya berarti secara tidak langsung orang tua sudah menjadi cermin bagi anak-anaknya.

Contoh perilaku baik ini akan lebih baik lagi bila tidak hanya keluar dari mulut saja. Sebagai Orang tua tentunya Anda harus mampu bertingkah laku seperti yang Anda katakan kepada anak – anak sehingga si anak langsung mendapatkan gambaran bagaimana tingkah laku yang baik tersebut. Bagaimanapun, perbuatan dan tingkah laku jauh lebih mudah diingat bila dibandingkan hanya sebatas kata – kata yang bersifat perintah, petunjuk, ataupun yang lainnya

Perilaku yang baik ini akan sangat bagus lagi jika didukung oleh lingkungan di luar orang tua baik yang tinggal serumah maupun di luar rumah. Kakek, nenek, om, tante juga harus dapat menjadi contoh atau minimal saling mendukung dalam memberi contoh atau teladan yang baik bagi anak. Sudahkah anda menjadi teladan bagi anak anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *