Artikel

Menjadi Wanita Muslimah Untuk Membentuk Muslim Terbaik

0 comment(s)
by Web Admin Ranti

Sebagai seorang wanita muslim (muslimah), tentunya kita memiliki kewajiban khusus untuk menjadi pembentuk muslim terbaik melalui berbagai kodrat yang telah Allah fitrahkan kepada kita. Apapun peran kita saat ini, baik seorang anak, seorang istri, atau pun seorang ibu. Ada sebuah peran yang tidak dapat kita lepaskan meski hanya sebentar, yakni turut menjadi pembentuk muslim yang tidak hanya cerdas dengan berbagai macam kemampuan dan kelebihan tapi memiliki akhlak dan budipekerti baik yang nantinya akan menjadi bekal hingga di akhirat kelak.
Para pembentuk muslim / muslimah berarti menjadi seorang individu muslim yang dapat menjadi contoh baik bagi sesama muslim lain nya atau bahkan bagi mereka yang bukan muslim. Lalu bagaimana menjadi salah satu pembentuk muslim yang baik bagi muslimah?

1. Muslimah bagi masyarakat

Peran yang pasti melekat pada diri setiap orang adalah menjadi bagian dari masyarakat. Jauh sebelum seseorang menjadi istri ataupun Ibu, sebagai muslimah, banyak yang dapat kita lakukan agar menjadi pembentuk muslim yang baik di masyarakat. Jika kita belum merasa mampu untuk melakukan hal besar, cukuplah dengan konsisten menjadi pribadi muslim yang baik di tengah masyarakat. Jadilah sosok muslimah yang baik sehingga representasi kecil kita semoga bisa mewakili wajah muslimah terbaik. Gunakan pakaian sesuai dengan syariat, beperilakiu tidak berlebihan, berlaku sopan dan lemah lembut namun tangguh, maka Insha Allah kehadiran kita di masyarakat bisa membawa pandangan positif untuk orang-orang muslim maupun bagi bmereka yang non muslim.

2. Istri kecintaan dan kepercayaan suami

Selain menjadi seorang ibu, peran sebagai istri merupakan tugas mulia lain nya di dunia. Banyak yang dapat kita lakukan agar kita menjadi pembentuk muslim yang baik lewat peran ini. Salah satu yang penting adalah kita mampu menjadi kepercayaan suami hingga bisa mendukung dan memberi masukan positif kepada suami, khususnya dalam memperbanyak amal ibadah. Berperan kompak dengan suami dalam membesarkan anak serta saling mendukung dalam kebaikan. Ada pengibaratan, bahwa istri adalah benang layangan dan suami adalah layangan nya. Maka jika kita bisa menjadi benang yang baik, kita akan bisa membuat suami bisa terbang tinggi dengan tidak lupa akan arah terbangnya.

3. Ibu penghasil generasi muslim
Peran mulia dari seorang perempuan adalah menjadi seorang ibu. Jika kita sudah menjadi seorang ibu, maka jalani peran ini sebaik-baiknya. Untuk menjadi pembentuk muslim yang baik dalam peran ini, ajarkan anak sesuai perkembangannya dengan berpedoman pada Al-Quran dan Hadits. Didik mereka secara islami sehingga mereka bisa tumbuh menjadi generasi muslim terbaik. Berperilaku dan bertindak sebagaimana muslim yang baik seharusnya. Ibu adalah madrasah atau sekolah pertama bagi anak-anak nya. Maka dengan menjadi ibu yang dapat mencetak generasi muslim unggulan, kita Insha Allah telah berpartisipasi menjadi pembentuk muslim melalui peran ini
Mulai saat ini kita harus bisa lebih fokus lagi untuk menjadi pembentuk muslim yang baik. Kumpulkan sebanyak mungkin amal baikmu dan berbuat lah sesuatu yang memiliki manfaat untuk agamamu, keluargamu dan juga masyarakat.
Women-Rights-and-Status-in-Islam

×

Produk telah berhasil ditambahkan ke tas belanja Anda.

×

Produk telah berhasil dihapus. Batalkan