Memilih snack sehat dan enak untuk anak-anak

Snack atau camilan adalah hal yang pastinya tidak jauh dari keseharian kita, terutama bagi anak-. anak. Anak-anak biasanya lebih mudah terpikat untuk mengkonsumsi snack dibandingkan makanan pokok. Bentuk, rasa, dan juga warna yang menarik adalah beberapa faktor mengapa anak lebih suka mengkonsumsi snack, disinilah para bunda harus pandai mensiasatinya kita harus pandai memilih snack sehat dan enak untuk anak-anak, terutama untuk anak yang susah makan pemberian snack ini tentunya sangat bermanfaat karena biasanya anak akan lebih mudah mengkonsumsi snack dengan lahap.

Sebaiknya usahakan snack yang dikonsumsi anak kita adalah snack buatan rumah, Mengapa ? karena dengan begitu kita dapat dengan mudah memastikan bahwa snack tersebut bukan hanya enak, tapi juga bergizi, sehat, dan terjamin kualitas serta kebersihannya. Berikut mari kita kenali beberapa jenis snack sehat yang bisa kita berikan untuk si kecil.

  1. Produk olahan susu. Sudah dapat dipastikan keju, yoghurt dan produk lainnya yang mengandung susu adalah sumber dari kalsium, protein dan nutrisi lainnya. Produk susu dapat memiliki kandungan lemak yang tinggi, jadi sebaiknya pilihlah produk yang rendah lemak dan rendah kadar gulanya. Contoh camilan: susu UHT dalam kemasan, milkshake buah (susu diblender dengan buah segar dan es krim vanila), yoghurt plus potongan buah, puding yang mengandung susu, dll.
  2. Camilan yang berasal dari buah & sayur. Tidak perlu diragukan lagi, buah dan sayur kaya akan mineral, vitamin, lemak dan juga serat. Makan sayur dan buah-buahan membuat perut si kecil terasa penuh tanpa menambah lemak dan hanya sedikit kalori. Contoh camilan: apel, semangka dan buah-buah segar lainnya atau bisa juga berupa salad buah atau jus buah atau bisa di-mix dengan yoghurt. Sementara sayur bisa direbus atau dikukus, seperti brokoli, wortel, dll kemudian disajikan dengan keju atau saus.
  3. Camilan yang berbahan dasar gandum. Gandum mengandung karbohidrat kompleks dan serat tinggi, yang dapat memberikan asupan energi dan rasa kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama. Misalnya; crackers, oatmeal/havermut, sereal, roti (dengan mentega tanpa garam, selai kacang, selai buah, taburan meses).
  4. Camilan yang terbuat dari kacang-kacangan dan biji-bijian. Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber protein yang baik, yang dapat membuat perut si kecil terasa kenyang lebih lama. Lemak yang ada pada kacang-kacangan dan biji-bijian adalah lemak tak jenuh tunggal, suatu jenis lemak yang baik bagi tubuh. Contoh camilan: bubur kacang hijau,olahan kue/kukis almond susu kacang kedelai dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *