Mari Percantik Diri dengan Akhlaq Terpuji

Wanita yang cantiknya dimata manusia tak terhitung jumlahnya karena sang Maha Pencipta tidak pernah menciptakan yang tidak cantik, bahkan bila seseorang yang rupanya kurang cantik secara fisik dan kurang menarikpun pasti memiliki sisi kecantikan yang dapat dilihat dari kacamata lainnya, namun yang sangat disayangkan ada beberapa di antaranya tidak dapat mengimbangi kecantikan fisiknya dengan kecantikan akhlaqnya. Ibarat rumah yang megah dan mewah namun tidak terawat luar dan dalamnya, jika kita telaah lebih dalam alangkah lebih menawan andaikan kecantikan fisik berpadu dengan kecantikan iman dan budi pekerti yang tinggi. Hatinya berbalut taqwa, perisainya adalah rasa malu dan lisannya selalu terjaga dari bertutur kata yang tidak bermanfaat. Sebagai seorang muslimah sejati sudah selayaknyalah kita membentengi diri dengan membangun akhlaq terpuji, lalu seperti apa yang dimaksud akhlaq terpuji ??
Kecantikan seorang muslimah itu pada hakikatnya akan memancar dari dalam lalu keluar, atau yang biasa disebut dengan inerbeauty. Maka dari itu tanamkanlah hati dengan benih-benih keimanan dan kebenaran yang dilandasi oleh ilmu yang tidak hanya benar dimata manuasia namun benar di mata Allah SWT. Selain itu hiasilah diri dengan perbuatan ( akhlaq ) yang baik, sebagai hasil menuai dari suburnya hati dan berseminya tunas-tunas keimanan. Atas hal tersebut maka wajah, perilaku dan kepribadian kita akan nampak menawan dengan sendirinya, sehingga kita akan dapatkan pesona kecantikan yang sesungguhnya , bukan pesona semu yang hanya kasat mata. Bahkan wajah yang biasa pun akan nampak menarik. Ibaratnya biar rupa tak jelita asal perangainya istimewa.
Untuk mendapatkan pribadi yang baik dan santun memang harus ada daya upaya dari kita untuk mendidik hati, jiwa dan raga kita kepada perbuatan – perbuatan yang dimaksud. Siapa yang ingin memiliki sifat dermawan dan murah hati maka ia harus memaksa diri untuk rela berkorban dan tanpa pamrih kecuali mengharapkan ridho Allah SWT. Siapa yang ingin memiliki hati yang lembut, sabar dan penuh dengan kasih sayang maka dia harus memaksa lisannya untuk tidak berkata kasar dan keji, menahan amarah, lapang dada, membersihkan diri dari sifat iri, dengki, jahat dan keras hati. Siapa yang ingin kehormatan diri terjaga harus memiliki tekad yang kuat untuk menutup aurat memakai busana muslim yang sesuai dengan syari’at juga dilengkapi dengan hijab seperti bagaimana semestinya dan menjaga diri dari pergaulan yang tidak baik.

Begitu pula dengan sikap dan sifat terpuji lainnya, kebiasaan akan membawa efek yang sangat besar terhadap perubahan tabiat dalam diri kita. Bukankah bisa itu karena biasa, baik terpaksa maupun dipaksa. Tapi harus diingat bahwa hasil dari kebiasaan itu tidak bisa diperoleh dalam waktu yang singkat dan instan. Pengaruhnya akan nampak apabila kita istiqamah dalam mengerjakannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *