Makna Menjemput Bulan Suci Ramadhan

Makna Menjemput Bulan Suci Ramadhan

Kali ini kami ingin membagikan artikel dengan maksud berbagi ilmu pengetahuan seputar makna menjemput bulan suci ramandhan.

Hari ini kita telah memasuki bulan suci ramadhan, bulan yang penuh dengan keistimewahan dimana di bulan ini kadangkala disebut dengan bulan nujulul qur’an dimana al-qur’an diturunkan pada bulan suci ramadhan. Tapi ini sudah berlalu, yang meski kita lakukan dizaman sekarang ini adalah bagaimana cara menujulkan quran kedalam hati kita dan pikiran kita yaitu dengan cara mensucikan hati kita dengan menjalankan puasa, berzikir mengingat allah dan bertadarus dengan hati yang lapang dan bersih agar al-qur’an bisa masuk kedalam hati dan pikiran kita dengan keadaan kita yang suci seperti sucinya bulan ramadhan.

Tapi semua itu tidak akan mudah dan tercapai mendapatkan berkahnya jika kita tidak menjemputnya dan menampungnya. ibarat air hujan jika kita menampungnya dengan ember maka kita akan mendapatkan air hujan itu, tapi jika kita tidak menampungnya dan membiarkanya mengalir ke laut begitu saja, maka kita tidak akan mendapatkan air hujan itu.contohnya ada beberapa kota dimana penduduknya sangat kekurangan air dan sangat membutuhkan air, maka ketika hujan ia membuat danau yang dapat menampung air hujan itu, sehingga air hujan itu digunakan untuk keperluan mereka dan sekali lagi air hujan itu sangat membawa berberkah untuk mereka. Sedangkan bagi kita warga jakarta 70% membiarkan air hujan mengalir kelaut dan sebagiannya membawa problem buat kita, hal itu terjadi karena kita membiarkan air hujan mengalir dengan sampah-sampah yang kita buat dengan tangan kita sendiri.

Kesimpulan dari perumpaan contoh diatas bisa kita kaitkan dengan datangnya bulan suci ramadhan ini yang penuh dengan berkah, jika kita membiarkannya hanya dengan sebatas datang saja seperti air hujan maka kita tidak akan mendapat berkah dan paidahnya. Sedangkan jika kita menyambut datangnya bulan suci ramadhan ini dengan hati dan pikiran yang bersih menampungnya dengan kegembiraan dan keihlasan maka niscaya berkah dan manfaatnya akan kita rasakan.

Diantara berkah dan manfaat bulan suci ramadhan ini yaitu dosa-dosa kita dihapuskan, jika kita puasa dan membaca al-qur’an dibulan suci ramadhan, pahala kita dilipat gandakan dan terakhir kita akan mendapat kemenangan yaitu aidilfitri.

Sekian tausiah/kultum dari malam pertama shalat tarawih. Semoga membawa manfaat bagi para pembaca setia galeri ranti muslim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *