Lezatnya Mie Kocok Khas Bandung

Siapa yang tidak menyukai mie ? meskipun makanan pokok kebanyakan orang Indonesia adalah nasi, ternyata banyak juga di antara kita yang gemar makan mie. Karena itu tidak heran jika di Indonesia mie menjadi salah satu makanan laris karena banyak diburu. Olahan mie di Indonesia sendiri sangat beragam. Seperti mie ayam, ada mie aceh, mie jawa, dan yang tidak kalah populernya adalah mie kocok.

Mie kocok adalah makanan khas dari kota Bandung. Bisa dibilang kalau makanan ini cukup untuk mengenyangkan perut karena komposisinya yang berat. Sesuai namanya, makanan ini berbahan dasar mie. Ukuran mienya agak tebal seperti kwetiew. Biasanya, mi kocok disantap bersama bakso, kikil, tahu, dan taoge. Lalu, mie ini disiram kuah sapi. Setelah itu, diberi taburan bawang goreng dan potongan daun seledri. Rasanya yang segar dan lezat menjadikan makanan banyak digemari masyarakat. Cocok disantap selagi masih panas. Selain itu kuliner khas Bandung satu ini juga bisa dinikmati dengan diberi tambahan sambal, saos, atau kecap sesuai selera.

Sebenarnya, asal mula nama mie kocok ini kurang jelas. Tetapi, jika dilihat dari cara memasaknya, mungkin itu jawabannya kanapa disebut mie kocok. Mie yang masih mentah, direbus ke dalam wadah yang besar. Setelah itu, mie tadi diangkat menggunakan alat sejenis gayung panjang yang bolong untuk jalan keluar air. Selama proses pengangkatan, mie tadi dikocok-kocok supaya merata matangnya dan lebih bersih dan proses ini dilakukan berkali-kali. Nah, mungkin itu dia kenapa disebut mie kocok.

Di Bandung, mie kocok ini sangat mudah ditemukan di pinggiran jalan. Biasanya mie ini dijual dengan menggunakan gerobak lalu didorong keliling. Tapi, kita juga bisa menemukan gerobak mie kocok yang sedang mangkal. Biasanya, mangkalnya di tempat-tempat yang ramai seperti di sekolah, daerah perkantoran, bahkan di pusat perbelanjaan. Selain itu, harganya juga relative murah kok. Jadi, jika Anda pergi ke Bandung, wajib coba dan icip-icip mie kocok kuliner khas Bandung ini.

Jangan lupa ya mampir juga ke gallery RANTI yang ada dibandung tepatnya ada di BIP (Bandung Indah Plaza) Lantai 1 No.60 Jl. Merdeka No.56 Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *