Khasiat Buah Tomat Untuk Kesehatan

Ranti’s Fam, tentunya Anda semua mengenal buah yang bernama tomat kan, ya. tomat adalah salah satu jenis buah yang mudah dijumpai dimanapun, buah yang biasanya dipakai untuk bahan tambahan sambel ataupun pemanis dalam masakan ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Tomat memiliki sejumlah nutrisi yang penting bagi tubuh. Buah tomat juga merupakan sumber vitamin A, C, K, kalium, folat, thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor, tembaga serta rendah sodium, lemak jenuh, kalori maupun kolesterol. Inilah yang menjadikan tomat menjadi salah satu buah yang wajib dikonsumsi sehari-hari. Berdasarkan berbagai kandungan nutrisinya buah tomat memiliki manfaat sebagai berikut :

  • Mencegah kanker

Kandungan likopen dalam tomat sangat ampuh mencegah berbagai kanker seperti kanker prostat, mulut, tenggorokan, lambung, usus besar, dan kanker ovarium.

  • Melindungi kulit wajah dan kulit tubuh

Tomat membuat kulit tetap sehat dan indah. Beta-karoten yang terkandung dalam buah tomat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Buah tomat juga mengandung likopen, di mana senyawa ini dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, penyebab utama garis-garis halus dan kerutan pada kulit.

  • Melancarkan sistem pencernaan

Salah satu kelebihan tomat yaitu merupakan sumber serat yang diperlukan oleh tubuh. Sehingga, bagi siapapun yang menginginkan sistem pencernaan tetap sehat dan lancar, mulailah dengan mengkonsumsi tomat.

  • Menyehatkan mata

Tomat sudah dikenal banyak orang sebagai buah yang mampu menyehatkan mata karena di dalamnya terdapat kandungan vitamin A yang banyak, ditambah dengan sejumlah nutrisi lain seperti niacin, thiamine, dan asam folat. Antara satu dengan yang lain bekerja sama untuk menyembuhkan gangguan kesehatan pada mata.

  • Menurunkan berat badan

Tomat tidak mengandung lemak, justru tinggi protein, karbohidrat, dan kalori. Ketiga nutrisi tersebut mempunyai peranan penting dalam masalah berat badan, dan kita harus mengimbangi dengan melakukan aktivitas gerak seperti berlari, gym, dan lain-lain.

  • Menyehatkan rambut

Kandungan Vitamin A dalam sebuah tomat, Selain baik untuk mata, gigi, kulit, dan tulang. Vitamin A juga baik untuk menjaga rambut tetap kuat dan sehat.

  • Menjaga gigi dan tulang tetap sehat dan kuat

Tomat menjadi penyuplai kalsium yang digunakan untuk memelihara tulang agar tidak gampang keropos, juga menguatkan gigi dan menjaganya tetap sehat. Pada saat pembentukan tulang, kalsium sangat diperlukan agar mendapat hasil yang sempurna.

Ternyata banyak sekali bukan manfaat dari buah tomat ini, oleh karena itu tidak ada salahnya ya bila anda mulai membiasakan diri untuk konsumsi buah tomat sebagai penambah nutrisi bagi kesehatan tubuh kita.

 

One thought on “Khasiat Buah Tomat Untuk Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *