Ketahui Dampak Buruk Mengkonsumsi Air Es

Meminum air es atau air dingin ketika cuaca sedang panas, setelah makan atau olahraga memang terasa nikmat dan segar pastinya, tapi taukah anda bila terlalu banyak minum air es ternyata ada dampak buruknya untuk kesehatan tubuh kita.

Sebenarnya air es itu tidak berbahaya namun kurang baik bagi kesehatan, alasannya mengapa? karena air es dapat membekukan lemak yang ada di darah kita, sehingga membuat peredaran darah tidak lancar, karna darah tidak lancar maka proses pembakaran lemak dan metabolisme tubuh agak terganggu, dan ini bisa menyebabkan tubuh menjadi gemuk. Informasi menyebutkan bahwa jika kita sudah makan kemudian langsung minum air es, maka air es itu dapat mempersempit usus, suhu es bisa menyebabkan pembekuan partikel-partikel, makanan berminyak yang telah kita konsumsi akan membuat tumpukan lemak di bagian saluran usus sehingga terjadi penyempitan usus. Akibatnya akan memperlambat pencernaan dan mengganggu proses pencernaan secara luas. Hal ini menyebabkan perut bisa menjadi buncit.

Air es atau air dingin sebaiknya juga jangan dikonsumsi pada saat kita berolahraga, karena ini mengakibatkan otot menjadi tegang, suhu tubuh akan lebih panas dari suhu normal, sementara dalam tubuh sedang terjadi proses pembakaran lemak. Ketika air dingin masuk maka akan terjadi perubahan suhu tubuh secara tiba-tiba yang berakibat  terganggunya proses metabolisme tubuh. Hal ini akan menyebabkan pembuluh darah menyempit, dan aliran darah tidak lancar, bahkan akan terjadi pengejangan pada otot tubuh sehingga terjadi kram atau kejang perut. Bila hal ini terjadi pada otot jantung maka akan berakibat proses pemompaan darah dan sirkulasi darah tergangggu.

Normalnya, temperatur tubuh manusia berada di kisaran 36 – 37 ‘C. Namun saat kita mengkonsumsi air yang terlalu dingin membuat tubuh harus menggunakan lebih banyak energi untuk mengatur dan membuat suhu tubuh normal kembali. Padahal energi tersebut sangat dibutuhkan tubuh untuk menyerap nutrisi dan mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Saat minum air es terlalu banyak energi pada tubuh sudah terkuras dan tubuh tidak akan bisa menyerap nutrisi secara maksimal.

Sekian info seputar dampak buruk dari mengkonsumsi air es, dalam keseharian kita air es mungkin akan sulit untuk dijauhkan, akan tetapi tidak ada salahnya jika kita menguranginya sedikit demi sedikit, merubah pola hidup agar menjadi lebih sehat, sayangi hidup kita dengan menjaga kondisi tubuh kita sebaik mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *