Ketahui 6 Jenis makanan ini tidak boleh dipanaskan lagi

Banyak masyarakat kita yang sering menghangatkan makanan terlebih dahulu sebelum di santap.Ataupun memanaskan ulang makanan yang tidak sempat dihabiskan, Hal ini memang biasa terjadi. Namun tahukah kita bahwa ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dipanaskan ulang? Makanan apa saja itu?

– Ayam

Ayam merupakan makanan yang mengandung protein. Jika dipanaskan ulang, komposisi protein daging ayam dapat berubah. Maka dari itu, jika Anda ingin menghangatkan kembali, sebaiknya tidak dihangatkan dengan suhu tinggi. Cukup dengan api kecil asalkan makanan ini sudah hangat.

– Telur

Telur dapat berubah menjadi sangat beracun jika terkena suhu tinggi secara berulang-ulang. Terutama untuk telur yang dimasak dengan cara direbus, atau dimasak dalam kondisi bulat dengan bagian kuning telur tetap didalam.

– Jamur

Masakan berbahan jamur sebaiknya tidak dipanaskan ulang, karena jika dipanaskan ulang, akan terjadi perubahan komposisi protein pada jamur dan kita akan kehilangan manfaat dari kandungan gizi yang terdapat pada jamur.

 

Kentang

Kentang jika dipanaskan, kandungan gizi yang ada pada kentang akan hilang, dan bahkan jika dipanaskan berulang-ulang, kentang dapat berubah menjadi racun. Untuk itu, sebaiknya kentang segera dimakan setelah dimasak atau makan dalam kondisi dingin tanpa perlu dipanaskan kembali

– Bayam

Bayam jika dipanaskan, kandungan nitrat didalamnya akan berubah menjadi nitrit. Nitrit memiliki potensi menjadi zat pemicu kanker bagi manusia. Untuk itu, sangat berbahaya jika kita memanaskan bayam, lebih baik makanan berbahan bayam dihabiskan segera setelah dimasak.

– Seledri

Sama seperti bayam, seledri pun memiliki kandungan nitrat yang dapat menjadi zat pemicu kanker jika dipanaskan ulang. Jika ingin memanaskan sup, sebaiknya potongan-potongan daun seledri pada sup tersebut dibuang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *