Artikel

Kenali Tanda Dan Gejala Menopause Pada Wanita

0 comment(s)
by Web Admin Ranti

Bagi sebagian kaum hawa mungkin ada yang sudah tidak asing lagi dengan istilah menopause, atau bahkan mungkin juga sudah mengalaminya. Menopause pada wanita merupakan penghentian permanen menstruasi atau haid dari seorang wanita, yang berarti pula akhir dari masa reproduktif. Menurut WHO menopause didefinisikan sebagai penghentian menstruasi secara permanen akibat hilangnya aktivitas folikular ovarium.

Gejala menopause pada wanita biasanya terjadi pada usia lebih dari 40 tahun. Menopause yang terjadi merupakan suatu hal yang alami terjadi, dan harus dilalui oleh seorang wanita. Dengan pemahaman yang lebih mudah, menopause adalah suatu proses dimana pada tahapan fisiologis seorang wanita sudah tidak bisa lagi menstruasi. Pada saat menopause terjadi maka terjadinya produksi hormon estrogen yang menurun sebagai salah satu akibat dari folikel atau sel telur yang habis di dalam indung telur atau ovarium. Akibat dari penurunan hormon estrogen ini kemudian memunculkan berbagai gejala dan tanda-tanda dari masa menopause datang. Berikut tanda dan gejala menopause pada wanita:

– Siklus haid dan periode menstruasi yang berkurang

Ketika menopause sudah mendekat, siklus dapat terjadi dalam waktu-waktu yang tidak menentu dan bukan hal yang aneh jika menstruasi tidak datang selama beberapa bulan Biasanya pada wanita yang mulai memasuki masa pra-menopause akan mengalami menstruasi yang berhenti selama 1 tahun, dan tidak akan mengalami menstruasi lagi. Semenjak tanggal ia mengalami menstruasi pada periode menstruasi yang terakhir kali. Dalam periode ini tidak ada patokan waktu yang pasti dan jelas untuk menentukan kapan periode terakhir menstruasi bisa terjadi.

– Insomnia atau susahnya tidur

Gejala ini merupakan salah satu tanda dan gejala menopause pada wanita yang biasanya lebih sering muncul di awal masa menopause. Sebagai wanita yang sering mengalami terbangun di malam hari akan berkeringat. Untuk menangani masalah ini, hal yang bisa dilakukan adalah dengan menjauhi asupan makanan dan juga minuman yang mengandung kafein tinggi.

– Semburan panas atau hot flashes

Berikutnya gejala menopause yang sering terjadi pada wanita adalah hot flashes. Yaitu perubahan hormonal yang dapat mengakibatkan pembuluh darah melebar untuk membantu mendinginkan suhu tubuh. Hot flashes adalah salah satu keadaan yang normal dan dapat dikontrol dengan melakukan aktivitas olahraga secara teratur.Pada wanita yang sedang mengalami hot flashes, biasanya akan menyebabkan kulit menjadi kemerahan dan juga berkeringat. Kondisi seperti ini akan membuat keadaan jantung berdetak lebih kencang.

– Perubahan suasana hati yang sangat menonjol

Pada wanita yang sedang mengalami masa perimenopause, akan sering mengalami masa perubahan pada suasana hati yang buruk. Sering kali mereka akan mudah merasa marah dan sulit mengontrol emosi

– Kelemahan pada tulang

Terjadinya kelemahan pada tulang juga dialami oleh wanita yang menopause hal ini dikarenakan oleh hilangnya beberapa zat tulang sehingga membuatnya tidak dapat mengakses hormone estrogen dengan baik

×

Produk telah berhasil ditambahkan ke tas belanja Anda.

×

Produk telah berhasil dihapus. Batalkan