Kenali Dampak Berbahaya dari Gorengan

Gorengan bukanlah makanan asing bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, makanan yang cara mengolahnya menggunakan minyak ini sebenarnya tidak akan membawa dampak buruk jika kita bisa berhati-hati dalam mengolah dan mengkonsumsinya. Umumnya gorengan yang kita makan adalah gorengan yang kita beli pada penjual / pedagang gorengan, tapi sayangnya banyak dari pedagang yang kurang memperhatikan cara penyajian yang baik untuk gorengan. Hal ini tentunya membawa dampak yang kurang baik bagi kita yang sering mengkonsumsinya, apa saja dampak berbahaya dari gorengan ? berikut beberapa diantaranya :

1. Bahaya Gorengan di Campur dengan Plastik dan Lilin

Banyak pedagang gorengan curang yang mencampur minyak panas yang digunakan untuk menggoreng dengan plastik atau lilin. Hal ini dilakukan agar gorengan yang dihasilkan tahan lama dan terlihat lebih menarik. Namun bukan berarti semua pedagang gorengan melakukan hal ini, jika kita selektif masih ada juga pedagang gorengan yang berjualan dengan cara yang sehat demi menjaga kualitas dan kepercayaan konsumennya

2. Bahaya Kertas Bekas Sebagai Pembungkus Gorengan

Kertas bekas seperti koran, majalah atau kertas yang sudah tercampur tinta sangat berbahaya bagi tubuh manusia karena di dalam tinta terdapat timbal yang bersifat racun.

3.Bahaya Kantong Plastik Kresek Hitam Sebagai Pembungkus Gorengan

Kantong plastik kresek hitam adalah hasil dari daur ulang plastik- plastik bekas. Selain karena tidak higienis kantong plastik kresek hitam bila digunakan untuk mmbungkus langsung makanan akan melepaskan bahan-bahan berbahaya kedalam makanan,yang akhirnya dapat menimbulkan kanker dan gagal ginjal.

4. Memicu Kanker Usus

Pedagang biasanya menggunakan minyak yang sudah digunakan berkai-kali untuk menggoreng. Akhirnya minyak ini mengandung racun dan radikal bebas. Minyak bisa memicu terbentuknya asam empedu yang bisa mengiritasi usus. Terlalu sering mengkonsumsi gorengan dapat menyebabkan kerusakan dinding usus. Bila anda sering mengkonsumsi gorengan dan mengalami gejala seperti Penurunan berat badan, Jika selesai BAB perut masih terasa kenyang, dan Sering muncul rasa sakit dan kembung di perut. Itu bisa jadi tanda-tanda anda menderita kanker usus.

5. Gangguan Pencernaan

Bila anda merasa perut anda tidak nyaman di perut merupakan gejala dari adanya gangguan di pencernaan. Gangguan pencernaan terjadi karena makanan berlemak dan asam. Kunyahlah makanan dengan baik sehingga makanan dapat dicerna denan baik. Dan anda tidak akan mengalami masalah pencernaan.

6. Nyeri Dada

Nyeri dada atau heartburn merupakan sensasi terbakar pada dada yang sering menjadi parah pada saat mengambil posisi berbaring atau membungkuk. Heartburn disebabkan oleh bergeraknya asam lambung ke dalam esofagus (saluran makanan yang mengalirkan makanan dari mulut ke lambung).Cara terbaik menghindari masalah ini adalah dengan mengurangi konsumsi gorengan dan menggantinya dengan makanan yang direbus.

Beberapa dampak diatas sebenarnya dapat kita hindari asal kita tahu cara mengolahnya dan dapat memastikan juga bahwa bahan-bahan yang digunakan memang layak untuk dikonsumsi. Mungkin bagi Anda penggemar berat gorengan ada baiknya juga bila gorengan yang Anda makan adalah hasil buatan rumah sendiri, agar lebih terjamin mutu serta kualitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *