Kapan Waktu yang Tepat Anak Bisa diberi Handphone ??

Di era trend tekhnologi saat ini sebagian orang tua memiliki alasan tertentu mengapa dengan mudahnya memberikan handphone kepada anak yang masih kecil bahkan mungkin belum cukup umur, salah satu alasan mereka adalah untuk memudahkan komunikasi antara orangtua dan anak, tanpa mereka sadari terkadang handphone kerap diberikan pada anak di waktu yang kurang tepat. Lantas, pada usia berapakah sebaiknya kita memberi kepercayaan kepada anak untuk menggunakan handphone ?

Dalam sebuah buku Ayah Edy Menjawab beliau menjelaskan bahwa sebenarnya handphone pada dasarnya hanyalah sebuah alat. Hal terpenting ialah membangun kesadaran untuk menggunakan handphone sesuai dengan fungsinya.

Jadi, untuk kita para orang tua sebaiknya sebelum kita memberikan handphone kepada anak, anak perlu diedukasi terlebih dulu fungsinya untuk apa, dan ada baiknya bila hanya untuk mempermudah komunikasi kita cukup berikan handphone dengan fasilitas yang standart saja, karena seperti yang kita ketahui, kecanggihan tekhnologi apabila tidak diimbangi dengan ilmu dan penerapan yang baik hal itu hanya dapat merusak atau bahkan membawa anak kita kelak pada hal hal yang negatif.

Dalam hal ini apapun benda yang akan kita berikan pada anak, hal utama yang terpenting adalah memberikan edukasi yang baik dan benar sebelum menggunakan benda tersebut, bukan hanya ketika memberikan handphone saja kita perlu mengedukasi anak kita, sebagai contoh jika menjelang usia dewasa anak kita mulai meminta fasilitas kendaraan seperti motor, kembali kita sampaikan bahwa jika penggunaan motor memang dinilai sangat penting untuk menunjang sarana transportasi maka motor harus digunakan dengan sebaik baiknya, jangan dipakai untuk kebut-kebutan, ataupun hal lain yang melanggar aturan lalulintas dan kurang bermanfaat, karena bagaimanapun peran kita sebagai orang tua akan dituntut pertanggung jawabannya pada apa saja yang sudah kita beri untuk anak-anak kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *