Artikel

Cara Agar Anak Gemar Membaca Al-Quran

0 comment(s)
by Web Admin Ranti

Setiap orang tua pasti ingin melihat anak anaknya bisa sukses dalam segala hal, tanpa terkecuali dalam hal agama. Saat ini seperti yang kita ketahui banyak ditemukan tempat-tempat khusus untuk belajar mengaji dan menghafal Al-Qur’an atau yang biasa disebut rumah Tahfidz, tujuan utama para orang tua memasukan anak-anaknya ke rumah Tahfidz tentunya tidak lain adalah agar anak gemar membaca Al-Quran dan diharapkan kelak bisa menjadi penghafal Al-Quran.

Lalu bagaimana cara agar anak gemar membaca Al-Quran? Apakah bisa anak diajarkan Al-Quran tanpa memasukan mereka ke rumah Tahfidz ? jawabannya adalah, tentu bisa. Anak adalah peniru yang handal, banyak hal dari orang tua yang dapat mereka contoh dengan cepat, itulah mengapa kita sebagai orang tua wajib selalu bersikap dan berkata hal-hal positif terutama saat kita berada didepan anak kita, karena kita adalah contoh utama bagi anak-anak kita.

Memiliki sebuah kegemaran berarti menyukai apapun kesulitan yang ada didalamnya, berarti hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuat anak suka terhadap Al-Quran. Pribahasa mengatakan “Tak kenal maka tak sayang” maka kenalkanlah sedini mungkin anak anak kita terhadap Al-Quran, berikan pengertian tentang Al-quran dengan bahasa yang mudah mereka mengerti agar mereka dapat dengan mudah menyimak dan mempelajari Al-Quran.

Cara Agar Anak Gemar Membaca Al-Quran

Mengingat begitu besarnya keutamaan untuk mengajarkan Al Quran ada beberapa tips untuk orang tua yang ingin mengajarkan Al-Quran kepada anak-anaknya, diantaranya adalah :

  • Pastikan kita sebagai pengajar adalah orang yang benar benar paham dan mengerti tentang tata cara membaca Al-Quran yang baik dan benar
  • Sebelum mengajarkan Al-Quran ajaklah anak berbicara dengan serius namun santai, hal ini bertujuan agar anak bisa fokus dan khusyu terhadap apa yang akan mereka pelajari
  • Pilihlah waktu yang tepat, jangan ajak anak belajar ketika anak lelah, mengantuk, sakit, kekenyangan ataupun lapar
  • Belajarlah secara terus menerus / continue, fahami keterbatasan anak karena tiap anak memiliki kemampuan yang berbeda
  • Buatlah suasana senyaman mungkin supaya anak betah dalam waktu yang cukup lama untuk belajar membaca AL-Quran, misalnya mebuat sesi belajar sambung ayat, hal ini dapat dilakukan antara Anda dengan anak anda saja, atau Anda dengan beberapa anak yang lainnya.
  • Biasakan pada anak untuk memperdengarkan bacaan Al-Quran dengan bacaan yang khusyu’ lebih dari satu kali
  • Tanamkan dalam jiwa anak bahwa mempelajari Al-Quran adalah ibadah dan untuk itu Allah SWT akan memberikan pahala yang sangat besar.
  • Buat target pencapaian dalam waktu yang telah ditentukan agar terlihat hasil yang dapat diukur dan disesuaikan dengan batas kemampuan anak
  • Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan ketika kita mengajarkan anak membaca Al-Quran yaitu membenarkan bacaan anak supaya jangan sampai salah sedikitpun, karena dikhawatirkan kesalahan tersebut nantinya akan terbawa sampai dewasa jika tidak dibetulkan

Dalam Mengajarkan Al-Quran pada anak tentunya tidak akan luput dari hambatan-hambatan tertentu yang mungkin tidak terduga oleh kita sebelumnya, maka disamping usaha yang kita lakukan sebaiknya dilengkapi dengan do’a kepada Allah SWT agar senantiasa usaha kita dipermudah dan mendapat ridho Allah agar anak kita bisa menjadi penghafal Al-Quran yang baik.

×

Produk telah berhasil ditambahkan ke tas belanja Anda.

×

Produk telah berhasil dihapus. Batalkan