Berhias Bagi Wanita Muslim

Berhias Bagi Wanita Muslim

Berhias bagi wanita muslim saat ini semakin mudah dilakukan dengan hadirnya beberapa salon kecantikan yang bernuansa Islami. Seperti penggunaan bahan yang terjamin kehalalannya, staf karyawan yang semuanya adalah perempuan dan tempatnya yang tertutup sehingga tidak tampak dari luar. Tentu saja, hal ini dapat saja dimanfaatkan sepanjang tidak memberatkan terutama dari segi keuangan seperti menjadi berhutang misalnya.

Tidak dipungkiri jika berhias itu sangat identik dengan kebutuhan wanita. Sampai-sampai mereka rela melakukan segala hal agar predikat cantik melekat pada mereka. Namun, jika ditelaah secara Islam, tentu berhias untuk wanita muslim akan sangat berbeda dengan berhias yang ada pada saat ini. Berhias secara syar’I adalah tujuan yang harus dicapai agar syariat Islam pun terpenuhi.

Sebenarnya, Islam tidak melarang seorang wanita untuk berhias sepanjang ia tidak merugikan apalagi merendahkan martabatnya sendiri. Adapun salah satu langkah awal yang harus diperhatikan saat berhias bagi wanita muslim adalah mengetahui anggota tubuh mana yang termasuk aurat dan mana yang tidak disebut dengan aurat. Seperti diketahui, jika aurat sangat berhubungan dengan segala sesuatu yang harus ditutup. Penggunaan jilbab maupun busana muslim menjadi contoh nyata untuk cantik secara syari’i.

Kemudian, cara berhias bagi wanita muslim lainnya adalah mengetahui secara pasti cara berhias mana yang dilarang dalam Islam. Hal ini sangat berkaitan dengan aturan yang sudah dijelaskan secara rinci dengan tujuan untuk meninggikan si wanita itu sendiri.

Memang, tidak dipungkiri jika godaan dari dunia yang begitu kuat membuat seorang muslimah harus lebih peka lagi. Di tengah era informasi yang dengan mudah ditemukan tanpa ada batasan, hendaknya disaring dengan menggunakan iman yang cukup tebal.
Mendengar ceramah, membaca kitab suci serta melakukan perintah Allah SWT adalah cara dan upaya untuk menangkis tingkat pengkerdilan dari segi penampilan.

Satu hal yang tidak diinginkan bukan? Namun yang pasti, bekali diri dengan pengetahuan agama agar lebih jelas dalam memahami mana yang boleh dan mana yang tidak. Termasuk, tentang cara berhias bagi wanita muslim.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *