Artikel

Ayah, Ajarkan 3 Hal Sederhana ini Kepada Anak Lelaki Anda

0 comment(s)
by Web Admin Ranti

Bagi seorang anak laki-laki peran ayah tentunya dominan menjadi teladan basi si anak, sedangkan untuk anak laki-laki yang kehilangan sosok sang ayah biasanya dia akan menjadikan figure Ibunya sebagai contoh keteladanannya. Seorang anak biasanya kerap mencontoh prilaku kedua orang tuanya, seperti cara berbicara, berpakaian, cara berjalan, bercanda, dan banyak lagi hal lainnya. Oleh karena itu mengapa diperlukan kerjasama antar dua pihak antara Ayah dan Ibu dalam pengasuhan anak-anaknya, sebab mengasuh anak bukan semata tugas utama seorang Ibu sedangkan Ayah hanya disibukkan dengan bekerja mencari nafkah. Bila seorang anak laki-laki terlanjur kehilangan sosok ayah, sebenernya ‘peran sikap lelaki’ dapat digantikan oleh Kakeknya ataupun Pamannya, ataupun saudara laki-laki terdekat yang lainnya.

Kewajiban Ayah tentunya dapat diawali dengan hal-hal yang sederhana, lalu apakah hal sederhana yang patut diajarkan kepada anak lelakinya ?

  • Mengajak anak beribadah bersama, seperti shalat wajib berjamaah di masjid dan shalat Jumat, mengaji ataupun menghadiri kajian yang mungkin temanya bisa dengan mudah diikuti anak-anak. Dengan cara beribadah bersama, Anda bukan saja melakukan pengawasan secara langsung tapi juga otomatis mengajarkan perihal bersuci (thaharah) kepadanya, soal batasan auratnya, juga tentang siapa yang muhrim dan bukan muhrim baginya.
  • Tunjukkan bagaimana cara laki-laki bersikap dan bergaul, misalnya cara berjabat tangan dengan sesama laki-laki. Jabat tanganlah dengan tegas, mantap, tunjukkan sikap seorang lelaki yang memang harusnya demikian. Namun jangan lupa pula ajarkan tentang kesopanan pada sesama dan rasa hormat kepada yang lebih tua.
  • Ajak anak dalam kegiatan yang maskulin seperti Main bola, bersepeda, mencuci motor atau mobil bersama, memancing bersama dan kegiatan lainnya yang mudah diikuti oleh si kecil.Mungkin bagi Ayah hal ini terdengar sepele, tapi dengan begini anak akan belajar memahami, bahwa inilah kegiatan yang sewajarnya ia lakukan bersama laki-laki.
×

Produk telah berhasil ditambahkan ke tas belanja Anda.

×

Produk telah berhasil dihapus. Batalkan