Atasi Stress dengan Berolahraga

Dalam melakukan kegiatan sehari-hari tak jarang kita merasa penat dan bosan dengan berbagai rutinitas serta pekerjaan yang menumpuk setiap hari. Jika sudah seperti ini, tak jarang emosi jadi tidak terkendali. Orang-orang terdekat pun akhirnya kadang menjadi sasaran dari emosi yang tak terkendali ini.
Dibalik semua itu ternyata, ada cara yang mudah untuk dapat meningkatkan mood Anda, yakni dengan berolahraga, dalam waktu yang sangat singkat kurang lebih hanya 15 menit setiap hari.
Pada sebuah penelitian yang telah dilakukan pada tahun 1999 mengungkap manfaat dari berolahraga untuk kesembuhan keluhan depresi. Ada tiga kelompok yang terdiri dari pria dan wanita, yang berusia di atas empat puluh tahun, mendapatkan perlakuan yang tidak sama. Kelompok pertama melakukan aerobik, jalan kaki dan joging; kelompok kedua mendapatkan obat antidepresi; sementara kelompok ketiga mendapatkan keduanya.
Setelah empat bulan kemudian, ketiga kelompok tadi menunjukkan berkurangnya rasa depresi dan kebahagiaan yang meningkat dengan sangat signifikan. Namun pada kelompok yang melakukan olahraga, sangat kecil persentasenya untuk kembali lagi pada kondisi depresi, dibandingkan kelompok yang tidak melakukan olahraga. Ternyata, melatih tubuh terbukti bisa memiliki dampak penyembuhan yang sama kuatnya dengan obat anti depresi.
Bagaimana olahraga bisa memiliki efek sedahsyat itu? Berikut penjelasannya.
1. Manfaat dari berolahraga selain menyehatkan tubuh adalah dapat memberikan rasa penghargaan pada diri sendiri. Merasakan tubuh menjadi semakin kuat dan segar usai berolahraga membuat kita merasa memiliki kontrol terhadap diri dan kesehatan. Bandingkan bedanya seseorang yang merasa sembuh dari depresi karena “Obat menyembuhkan saya” dengan “Usaha saya berolahraga dan berkomitmen untuk melakukannya setiap hari membuat saya mampu mengalahkan penyakit ” Perasaan bahwa kita telah menjadi mampu menangani persoalan, menambah kepuasan diri yang secara tidak langsung berdampak pada kebahagiaan.
2. Manfaat lain dari olahraga membuat kita lupa sejenak pada permasalahan, yang kerap menjadi besar dan rumit justru karena kita tidak berhenti memikirkannya dan membesar-besarkannya sendiri, tanpa disadari. Dengan olahraga, otak kita diberi kesempatan untuk time out, rehat sejenak, dan ketika kita kembali memikirkan persoalan itu, sering kali rasanya tidak serumit sebelumnya.
3. Setelah berolahraga, tubuh akan menaikkan sekresi hormon serotonin yang memiliki efek sama dengan Prozac, obat penenang yang paling kuat. Bahkan pada beberapa orang, dampak berolahraga terhadap mood akan langsung dirasakan dengan meningkatnya energi, antusiasme, dan semangat.
4. Berolahraga, terutama yang membutuhkan partisipasi orang lain seperti badminton, sepak bola, atau basket, membuka kesempatan kontak sosial. Ini berarti kita menciptakan kesempatan untuk mendapatkan dukungan sosial dan persahabatan, yang sering dibutuhkan pada saat-saat sulit.
Mulai saat ini yuk kita biasakan diri setiap hari untuk berolahraga supaya mood kita meningkat dan badanpun menjadi sehat, ambil sepatu dan perlengkapan olah raga Anda sekarang juga dan mulailah berolah raga setiap pagi. Badan menjadi sehat bugar, hati pun senang dan berkuranglah beban pikiran !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *