Agar si Kecil Tetap Senang Selama Liburan Dirumah

Musim penghujan telah tiba, menjaga kesehatan agar tidak mudah diserang penyakit tentunya menjadi hal no 1 yang harus diperhatikan, namun untuk para Ibu hal ini menjadi lebih ekstra karena kesehatan yang harus diperhatikan bukan hanya kesehatan diri sendiri tapi juga kesehatan seluruh anggota keluarga terutama si kecil yang mungkin masih belum bisa mandiri.
Moment liburan pastinya menjadi hal yang dinantikan oleh banyak orang, tak terkecuali anak-anak. Umumnya mereka sangat senang apabila hari liburnya diisi dengan kegiatan diluar rumah, tapi pada saat musim hujan seperti ini terkadang rencana kegiatan diluar rumah jadi terhambat dan bahkan cenderung gagal. Tapi sebagai Ibu cerdas kita tidak boleh kehabisan ide untuk membuat suasana liburan dirumah tidak kalah seru dengan liburan diluar rumah, dan jangan juga biarkan si kecil terus menerus menghabiskan waktunya di depan televisi. Selain acara televisi makin hari makin tidak ‘ramah’ pada anak-anak, si kecil juga jadi malas bergerak. Nah untuk itu kali ini tidak ada salahnya jika Anda ajak anak Anda lakukan sejumlah kegiatan menyenangkan tanpa televisi.
Inilah beberapa hal yang bisa dilakukan agar si kecil tetap senang selama liburan dirumah :

1. Membuat kerajinan tangan. Manfaatkan semua barang tak terpakai di rumah. Ajak anak-anak untuk membuat kartu ucapan atau pembatas buku dari potongan gambar-gambar di koran/majalah bekas. Selain menambambah kreatifitas anak, biasanya membuat kerajinan tangan menjadi hal yang selalu menyenangkan bagi anak-anak

2. Menata ulang dekorasi kamar supaya berganti suasana. Diskusikan sebelumnya, perubahan apa yang ingin dilakukan anak untuk kamarnya agar mereka semakin nyaman berada dikamarnya

3. Memasak bersama menu makan malam spesial untuk dinikmati bersama seluruh keluarga. Jika memungkinkan libatkan pula anak saat berbelanja bahan-bahannya.

4. Menata ulang lemari pakaian, merapikan kembali yang masih bisa dipakai, menyingkirkan pakaian-pakaian yang kekecilan dan memberikannya kepada yang memerlukan.

5.Membuat camilan sederhana yang sehat, sekarang ini sudah banyak resep-resep snack / camilan sederhana yang mudah untuk dibuat, jika camilan yang akan dibuat adalah kue – kue yang dibentuk dengan tangan, biarkan si kecil membuat kreasi bentuk sesukanya.

Masih banyak lagi acara-acara dan juga kegiatan lain yang bisa mengisi liburan singkat. Apapun itu, yang terpenting buatlah anak merasa senang, gembira dan semangat menikmati masa liburannya sehingga mereka jauh lebih fresh untuk kembali melakukan rutinitas kegiatan sekolah, kursus tambahan dan hal lainnya yang berdampak positif bagi mereka. Demikian beberapa tips agar si kecil tetap senang selama liburan dirumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *