Artikel

5 Tips Memilih Pisang untuk Sajian Kolak

0 comment(s)
by Web Admin Ranti

Kolak merupakan menu hidangan yang biasa disajikan ketika berbuka puasa. Nah, kolak pisang merupakan salah satu santapan khas Ramadhan di Indonesia. Agar kolak tersaji sedap, ada trik khusus yang diperlukan dalam memilih pisang sebagai bahan utamanya. Berikut ini 5 Tips Memilih Pisang untuk Sajian Kolak:

1. Jenis pisang yang paling sering digunakan untuk santapan kolak ialah pisang raja, pisang tanduk, atau pisang nangka. Ketiga jenis pisang ini mempunyai tekstur yang tidak terlalu keras, tapi juga tidak terlalu lembek, sehingga tidak mudah hancur saat diolah.

2. Menggunakan pisang raja untuk bahan dasar kolak biasanya akan membuat kuah kolakkebiruan. Sebelum dibuat kolak, kukus pisang terlebih dulu agar warna kuahnya tidak berubah.

3. Hindari pisang yang memiliki bintik hitam atau cokelat di permukaan kulitnya. Bintik gelap menandakan buah pisang tengah memasuki proses pembusukan, sehingga rasanya tidak lagi lezat.

4. Pilih pisang yang matang di pohon, bukan matang karena diperam. Pisang yang matang secara alami memiliki rasa yang lebih manis dan tidak pahit. Jika ditekan, permukaannya lebih lembut dan tidak keras.

5. Simpan pisang dengan cara dijajarkan, bukan ditumpuk. Menumpuk buah pisang akan menyebabkan dagingnya lembek. Apalagi jika kulitnya tergores, dapat memicu proses pembusukan lebih cepat.

×

Produk telah berhasil ditambahkan ke tas belanja Anda.

×

Produk telah berhasil dihapus. Batalkan