Lainnya

5 Bahaya Junk Food Bagi Kesehatan Tubuh

0 comment(s)
by Web Admin Ranti

Kesehatan pada dasarnya adalah hal terpenting bagi setiap orang, karena hampir semua kegiatan pasti akan terasa lebih nyaman bila dijalankan dengan tubuh dan fikiran yang sehat, sayangnya gaya hidup di era modern saat ini banyak yang mendorong seseorang untuk bersifat instant dan serba cepat, hal ini dapat dilihat dengan banyaknya para peminat konsumsi makanan yang tergolong ke dalam kategori junk food, lantas apakah bahaya junk food dari kesehatan ??

Tingginya rutinitas dan jam sibuk seseorang biasanya adalah alasan yang menyebabkan seseorang lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan junk food sebagai menunya sehari-hari dibanding dengan makanan sehat lainnya, selain itu cita rasa yang lebih lezat dan harga yang terjangkau semakin membuat banyak orang yang tertarik untuk mengkonsumsi junk food tanpa memikirkan bahaya junk food bagi kesehatan yang dapat timbul dikemudian hari.

Seorang ahli gizi mengatakan “ Dalam makanan haruslah tercukupi paling tidak unsur karbohidrat, nutrisi, lemak, protein, vitamin dan mineral. Dalam junk food kebutuhan tersebut belum tentu lengkap, kadang malah diberi tambahan vitamin dengan bahan sintesa”. Junk food adalah makanan yang memiliki jumlah kandungan nutrisi terbatas dalam arti makanan yang kandungan garam, gula, lemak dan kalorinya tinggi tetapi kandungan vitamin, protein, mineral dan seratnya rendah, dari pemaparan tersebut jelaslah bahwa junk food bukanlah makanan yang baik untuk dikonsumsi dalam jangka panjang dan dalam jumlah yang banyak.

Bahaya Junk Food Bagi Kesehatan Tubuh

Resiko bahaya junk food bagi kesehatan sangat banyak, diantaranya :

  • Obesitas

Obesitas termasuk masalah yang banyak dihadapi semua orang, tak terkecuali bagi penggemar junk food, kandungan lemak, garam, dan gula yang berlebihan dalam junk food sulit untuk dicerna tubuh mengakibatkan zat makanan tersebut mengendap di dalam tubuh. Hal inilah yang memicu timbulnya obesitas (kegemukan) pada seseorang.

  • Gangguan pada Ginjal

Salah satu bahaya besar yang mengintai para pecinta junk food adalah terganggunya kinerja ginjal. Makanan junk food seperti kentang goreng atau keripik memiliki cita rasa yang sangat memanjakan lidah, akan tetapi kandungan garam halus di dalamnya membuat meningkatnya air liur dan sekresi enzim, padanya, terdapat kandungan lemak jahat dan natrium yang tinggi (dari garam tersebut), yang mengakibatkan terganggunya keseimbangan sodium-potasium tubuh, yang dapat memicu hipertensi.

  • Diabetes

Saat tubuh mendapatkan asupan gizi dari makanan yang sehat, maka tubuh mendapatkan pasokan glukosa yang berfungsi untuk menjaga sensitivitas insulin. Adapun jika tubuh hanya menerima kandungan dari junk food, maka akan memberikan efek buruk pada metabolisme tubuh, yang menurunkan kemampuan tubuh untuk memproduksi dan memanfaatkan insulin di dalam tubuh, Hal ini terjadi karena junk food tidak memiliki kandungan serat (hal ini sangat buruk), dan terlalu banyak mengkonsumsi junk food, maka tidak diragukan lagi membuat lonjakan kadar gula.

  • Merusak organ hati

Dari penjelasan yang didapat dari beberapa penelitian, junk food dapat merusak hati karena terjadinya pengendapan lemak trans di organ hati, yang mengakibatkan terjadinya disfungsi pada organ hati.

  • Resiko Penyakit Jantung

kandungan lemak jenuh dan lemak trans sangat banyak terdapat dalam junk food yang mengakibatkan meningkatnya kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida di dalam darah. Lemak dari junk food juga dapat terakumulasi di dalam tubuh, dengan berlangsung  dalam jangka waktu lama, bisa memicu obesitas, yang akhirnya meningkatkan resiko terkena serangan jantung.

Setelah mengetahui bahaya junk food bagi kesehatan tubuh, ada baiknya mulai saat ini kita beralih ke gaya hidup yang lebih sehat dan mengurangi asupan makanan olahan, berolahraga secara teratur, dan selalu berpikiran positif untuk hidup yang lebih baik.

Baca juga : Tips Sehat Jitu Ala Muslim Yang Sederhana

 

×

Produk telah berhasil ditambahkan ke tas belanja Anda.

×

Produk telah berhasil dihapus. Batalkan